Mempercepat web dengan cloudflare (Caching)

Share:

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami permasalahan pada kecepatan memuat halaman di website saya , saya sudah mencoba dengan berbagai teknik untuk melakukan HTTP CACHE dengan mengunakan .htaccess , kebetulan server yang saya gunakan sharer hosting dengan server Litespeed.

Setelah mencoba beberapa menit dengan mencoba mengunakan .htaccess tetap saja aset js/css saya ukuran filesnya tetap besar. setelah berdiam sesaat saya teringat bahwa website saya mengunakan cloudflare dan teringat bahwa saya pernah melakukan pembuatan page rules untuk menonaktifkan keamanan pada beberapa halaman.

Metode yang saya gunakan ini adalah metode  HTTP CACHE dengan mengunakan cloudflare. sebelumnya kalian harus kenal dulu apa itu HTTP CACHE yang bisa kalian cari di google dengan keyword pencarian Apa itu HTTP Cache.

Oke untuk melakukan HTTP CACHE di cloudflare , website kalian harus mengunakan cloudflare dengan mengarahkan NS kalian ke cloudflare.

Jika website kalian sudah mengunakan clodflare , kalian pergi ke halaman 'PAGE RULES'


Untuk konfirgurasi yang saya lakukan ini hanya untuk melakukan HTTP CACHE pada assets di dalam assets itu ada gambar / js / css.



Browser Cache TTL saya berikan 30 menit untuk masa berlakunya , kalian bisa menyesuaikan. 
Cache Level saya pilih 'Cache Everything'. setelah itu kalian deploy untuk menerapkan http cache pada website kalian. 


Berikut ini merupakan hasil mengunakan http cache 

Sebelum mengunakan http cache

Sesudah mengunakan http cache

sudah bisa menilaikan website saya sekarang sudah cepat dari sebelumnya dan semua assets saya hanya 41B


Untuk memastikan bahwa konfirgasi kalian sudah benar , kalian biasa cek di header pada website kalian. 

cf-cache-status:
HIT menandakan bahwa kalian sudah mengkonfirgasi dengan benar.

Perlu di ingat bahwa , untuk kalian yang suka memperbarui website kalian untuk tidak lupa untuk Purge Cache fungsinya untuk menghapus file dalam cache untuk memaksa Cloudflare untuk mengambil versi baru file-file itu dari server web kalian. pergi ke Caching lalu klik Purge Cache Everything.




Ini sangat membantu untuk kalian yang tidak mengunakan cms , jika website kalian mengunakan cms wordpress dan lainnya , harap mengunakan http cache sesuai kebutuhan kalian karena menerapkan http cache pasti akan berdampak kepada website kalian , contohnya blog dengan wordpress dengan mengunakan http cache bisa-bisa komentar yang akan di tampilkan akan lambat (sesuai dengan konfirgasi di halaman page rules).

No comments