Pentingnya kecepatan website untuk pengunjung

Share:

Untuk para pembaca  yang ingin membuat sebuah website , apa lagi yang ingin membuat sebuah blog dengan cms wordpresss , saya akan memberikan sebuah masukan untuk kalian tentang pentingnya Kecepatan Website.

Saya menjadi blogger antara 2012 / 2013 dimana saya masih mengunakan blogger (sampai saat ini juga masih mengunakan blogger) namun selain menjadi seorang blogger , saya juga seorang programmer. tidak jarang saya membuat sebuah situs atau web untuk kepentingan bisnis atau pun permintaan orang lain.

Dalam membuat sebuah website (client atau pun pribadi) saya selalu memperhatikan sebuah kecepatan website.

Mengapa harus di perhatikan kecepatan website ? 

Apa kalian sudah pernah mengujungi sebuah website yang lama loading page nya ? atau mengunjungi sebuah blog namun ternyata lemot ? apa yang dirasakan ? pasti kesel dan akhirnya meninggalkan blog atau website tersebut.

Karena website atau blog lemot yang pada akhrinya membuat semua pelanggan lari atau blog menjadi sepi dari situlah kita harus memperhatikan pentingna dalam memperhatikan kecepata sebuah website dan blog.


Lalu bagaimana cara mengatasi agar webiste kita cepat ?

Ada banyak sekali caranya agar website kita menjadi cepat , sebelum membuat sebuah website atau blog kita harus memperhatikan beberapa hal untuk membuat website atau blog kita bekerja dengan baik.

HOSTING

Ada banyak sekali jenis Hosting yang di tawarkan , ada Sharer Hosting , Virtual Private Server , Dedicated , dan yang paling baru Cloud Hosting.

Sharer Hosting : hosting ini sangatlah murah namun banyak sekali kekurangan nya karena sharer hosting biasanya servernya di gunakan oleh banyak sekali ratusan bahkan ribuan situs dalam satu server sehingga  ram dan cpu digunakan secara bersama. kekurangan lainya karena sharer hosting tidak menyediakan sebuah akses root dan sangat terbatas untuk kalian para blogger atau situs yang mempunya trafik lalu lintas yang besar karena bisa menyebabkan website anda biasanya offline sesaat atau tidak menuntut kemungkinan bisa lebih parah.

Virtual Private Server : virtual private server hosting yang kalian bisa bagi sendiri dari server ke server sesuai dengan kebutuhan , semua kalian bisa kontrol karena kalian akan mendapatkan sebuah akses root. 

Dedicated Hosting : dedicated server solusi yang sangat terbaik untuk anda jika memiliki trafik yang sangat tinggi , namun untuk harga dedicated server sangat mahal karena banyak sekali kelebihan dedicated server , mulai dari kontrol yang maksimum dan seluruh server merupakan milik anda pribadi ibaratkan ini adalah ibu dari server dan hanya situs anda yang tersimpan di server dan tidak diragukan jika bicara tentang kinerja dedicated tentu sangat baik.

CLOUD HOSTING : jika menyewa dedicated server sangat mahal , jalan yang lain adalah menyewa cloud hosting , kemampuan tidak ragukan lagi karena website anda akan disimpan di banyak sekali server dimana server tersebut akan bekerja sama untuk menjaga performa website anda. namun sayangnya banyak sekali cloud hosting yang tidak memberikan hak akses root kepada pelangan atau penyewa hosting. 

Dan untuk saran saya , kalian Pilihlah Cloud Hosting  karena dengan budget atau biaya yang sangat murah untuk menyewa sebuah cloud hosting dan perfoma nya tidak diragukan dan gak perlu ribet lagi untuk konfigurasi.


SERVER

Server juga memiliki banyak jenis , yang sangat popular ada 3 antara lain :

Apache HTTP Server : sering disebut sebagai httpd, atau sekadar Apache dan pertama kali diluncurkan pada 1995, banyak sekali hosting yang mengunakan apache sebagai web server.

NGINX : merupakan web server yang dibuat sejak  tahun 2002 dan rilis pertama kali pada tahun 2004 banyak sekali administartor yang mengunakan Nginx karena sangat ringan. Bob Ippolito pernah mencoba untuk menguji apache dengan nginx. dia memiliki sepuluh juta permintaan (trafik) setiap hari nya , yang artinya server harus menangani beberapa ratus perminataan setiap detiknya. dan ketika Bob Ippolito  menguji dengan nginx yang hasilnya pengunaan memori pada nginx hanya 15 MB saja dengan 10% resource CPU , sedangkan apache gagal untuk menangani banyaknya permintaan data , jumlah memori yang terpakai 400 MB.  dan dengan begitu bisa di simpulkan bahwa Nginx memiliki performa yang sangat bagus.

Lighttpd : merupakan web server yang telah di rilis pada tahun 2003 , Lighttpd juga sangat bagus dalam hal pengunaan memori yang rendah, beban CPU yang kecil, dan optimalisasi kecepatan. dan web server ini juga sangat banyak digunakan oleh penyedia layanan web hosting.


Pilihlah Server Nginx dan jika tidak ada maka LiteSpeed solusi yang lain untuk web server anda untuk mendapatkan performa yang baik dibandingkan apache. kalian juga bisa membeli sebuah vps murah untuk mengcustum webserver yang ingin kalian pakai.


CLOUDFLARE 

Cloudflare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari pada CDN yang standar. banyak sekali fitur yang di tawarkan oleh Cloudflare , antara lain :


  • SSL Gratis
  • Kemanan 
  • Kecepatan 
  • Server tidak mudah tumbang (DDos)
  • Mau versi Gratis ada , Versi Bayar ada

Perlunya CDN untuk memblokir atau membatasi bot "crawler" yang sering menyebabkan boros bandwidth.

TEMPLATE

Untuk kalian yang ingin menjadi blogger , kalian harus memilih template yang ringan. dari di atas yang telah saya sebutkan peran dari template juga sangat berpengaruh untuk pengunjung dan performa website. pilihlah template anda yang responsive bagus lagi kalau pake bootstrap.

PILIH ASSET YANG DIPERLUKAN 

Lakukan pemilihan asset (js / html / css) yang hanya diperlukan saja , biasanya orang (saya juga sih) kalau sudah membuat sebuah proyek pembuatan web dan tempalate nya beli biasanya asal saja langsung di ektrak dan digunakan padahal assets yang telah di ekstrak seharusnya di filter lagi karena semakin banyak assets maka semakin lama juga situs kita untuk memuat halaman. jadi maka dari itu sangatlah penting untuk memilih assets agar performa situs kita lebih baik.

Broken link  

Broken link atau link yang rusak juga dapat mempengaruhi kinerja website anda karena setiap link yang broken akan masuk ke halaman '404' sedangkan halaman '404' ini memiliki size kb yang cukup lumayan. jadi Broken Link juga mempengaruhi semua lingkup mau seo atau pun pengunjung.
Sepertinya cukup 7 saja untuk kalian yang ingin membangun web / blog. sebenarnya kalian bisa mendapatkan itu semua di salah satu layanan penyedia hosting di Dewaweb dengan harga mulai dari 20.000 kalian bisa dapatkan hosting dengan performa yang baik.

Lalu bagaimana cara mengetahui webiste kita cepat ? 

GTmetrix | Website Speed and Performance Optimization

Merupakan situs untuk mengecek kecepatan situs yang telah kita buat , banyak sekali fitur yang di tawarkan oleh GTmetrix , antara lain :


  • Google Kecepatan Halaman
  • Waktu Kecepatan Halaman
  • Ukuran Halaman
  • Dan performa situs kita 


Google : PageSpeed Insights 


Merupakan salah satu fitur dari google sendiri yang fungsinya sama , untuk test halaman. tidak perlu di ragunakan lagi kalau fitur dari google sudah jelas lengkap. 

Dari 2 pilihan di atas saya biasanya mengunakan Google : PageSpeed Insights  karena sangat mudah dan fiturnya juga lengkap. 

Semoga artikel yang saya buat bermanfaat untuk para pembaca yang ingin memulai membuat sebuah blog atau website.

No comments